Perangkat Jaringan WAN

Wednesday 4 March 2015

Perangkat Jaringan WAN

Infrastruktur WAN (Wide Area Network)

Semacam LAN (Local Area Network), ada sejumlah perangkat yang melewatkan ajaran info data dalam suatu  WAN. Pengperpaduan perangkat tersebut bakal menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut ialah :

    Router
    ATM Switch
    Modem and CSU/DSU
    Communication Server
    Multiplexer
    X.25/Frame Relay Switches

Router

router.gifRouter ialah peningkatan performa dari bridge. Router sanggup menunjukkan rute/jalur (route) & memfilter info pada jaringan yang tak sama. Berbagai router sanggup sebagai otomatis mendeteksi perpersoalanan & mengalihkan jalur info dari area yang berperpersoalanan.

Switch ATM

atmswitch.gifSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN & WAN.

Modem (modulator / demodulator)

modem.gifModem mengkonversi sinyal digital & analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi utk dilewatkan melewati fasilitas komunikas analog / jaringan telepon (public telephone line). Di segi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

CSU/DSU (Channel LayananUnit / Data LayananUnit)

CSU/DSU sama semacam modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melewati jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang adalah dua unit yang terpisah : CSU / DSU.

Multiplexer

infotypes.gifSebuah Multiplexer mentransmisikan perpaduan berbagai sinyal melewati suatu  sirkit (circuit). MultiplexerBisa mentransfer berbagai data sebagai simultan (semakin-menerus), semacam video, sound, text, & lain-lain.

Communication Server

Communication Server ialah server khusus “dial in/out” bagi pemakai utkBisa meperbuat dial dari lokasi remote jadiBisa terhubung ke LAN.

Switch X.25 / Frame Relay

Switch X.25 & Frame Relay menghubungkan data lokal/private melewati jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, namun kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

0 comments: